Virus Penyebab Penyakit Hepatitis

Hepatitis adalah suatu jenis penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada organ hati. Peradangan ini terjadi karena masuknya racun, obat-obatan ataupun zat lain yang dapat menyebabkan infeksi. Banyak kasus hepatitis yang ditemukan terjadi karena adanya virus penyebab penyakit hepatitis yang menyerang organ hati. Virus yang menyebabkan penyakit ini ada 5, yakni A, B, C, D dan E. Selaim kelima virus hepatitis tersebut, penyakit ini bisa juga disebabkan oleh serangan virus lain yang disebut mononukleosis infeksiosa, sitomegalovirus serta demam kuning. Namun, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh faktor lain yang tidak berkaitan sama sekali dengan serangan virus, seperti penggunaan obat-obatan dan konsumsi minuman beralkohol.

 

virus penyebab penyakit hepatitis

Virus Penyebab Hepatitis

Penyakit hepatitis yang paling banyak ditemukan di masyarakat disebabkan oleh serangan virus yang telah disebutkan di atas. Perbedaan virus-virus tersebut adalah;

  1. Hepatitis AVirus ini menyebar melalui makanan ataupun air yang telah terjangkit virus hepatitis A. Tingkat kebersihan menjadi isu utama penyebaran atau penularan penyakit ini.
  2. Hepatitis B – Penularan penyakit ini tidak semudah A karena lebih ditularkan melalui darah. Mereka yang tertular hepatitis B umumnya adalah pengguna obat-obatan terlarang yang secara bergantian menggunakan jarum suntik. Pada ibu hamil, penyakit ini dapat menular ke janin yang ia kandung.
  3. Hepatitis C – Penularannya sering terjadi karena penggunaan jarum suntik yang bergantian atau bahkan melalui transfusi darah. Penyakit ini jarang ditularkan melalui hubungan seksual, meski tidak menutup kemungkinan bisa pula terjadi.
  4. Hepatitis D – para pecandu obat-obatan tertentu bisa dengan mudah terserang virus penyakit ini. Virus Hepatitis D membutuhkan bantuan dari B untuk berkembang. Penderita penyakit ini dapat mengalami serangan penyakit hati akut yang membahayakan jiwanya. Tanpa virus hepatitis B, penyakit ini tidak dapat berkembang.
  5. Hepatitis E – Ditularkan melalui tinja ke mulut yang kemudian menyebar melalui minuman ataupun makanan. Tingkat kebersihan yang buruk menjadi penyebab utama terjadinya penyakit ini.

Gejala dan Pencegahan Virus Hepatitis

Ada beberapa gejala hepatitis yang secara umum menyertai penyakit Hepatitis yakni diare, demam, muntah, nyeri di perut bagian kanan serta badan lemas. Pada beberapa kasus, penderita ditemukan mengalami sakit kuning (mata dan kulit pasien terlihat kuning). Namun, pada anak-anak gejala penyakit ini tidak selalu muncul. Karena lebih disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat menyerang siapapun yang terlibat kontak dengan makanan atau minuman yang terjangkit virus hepatitis atau secara bergantian menggunakan jarum suntik. Jika sistem kekebalan tubuh bagus, maka sebenarnya virus hepatitis dapat dimatikan dengan sendirinya tanpa harus melakukan terapi pengobatan.

Untuk mencegah penularan dan penyebaran virus penyebab penyakit hepatitis, kita dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan. Menjauhkan sanitasi atau tempat pembuangan tinja jauh dari rumah tinggal menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan. Kemudian, menghindari penggunaan jarum suntik secara bergantian juga akan mencegah penularan virus ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: